Strategi komunikasi pemasaran merupakan strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan atau individu untuk mencapai target pasarnya melalui berbagai jenis komunikasi. Ini mencakup pesan Anda (apa yang harus dikatakan), media (di mana itu akan dikatakan), dan target (kepada siapa pesan Anda sampai).
Anda mungkin bertanya-tanya: apa strategi komunikasi pemasaran yang selalu berhasil, bahkan tanpa anggaran?
Mudah: bangun hubungan dengan jurnalis untuk mendapatkan liputan pers, postingan tamu, dan backlink.
Komunikasi pemasaran atau Hubungan Masyarakat adalah bagian ‘Promosi’ dari “4P pemasaran” yang mungkin telah Anda pelajari selama masa universitas Anda (produk, tempat, harga, promosi).
Karena “strategi komunikasi pemasaran” sangat sulit, kebanyakan orang hanya menyingkatnya menjadi “Hubungan Masyarakat” yang pada dasarnya menggunakan saluran dan perangkat lunak online untuk mengidentifikasi jurnalis yang relevan, menawarkan cerita yang sesuai kepada mereka, dan mendapatkan liputan media gratis .
Biasanya, strategi PR berarti membangun kesadaran teratas di antara pelanggan ideal Anda tentang produk atau penawaran.
Bagaimana Anda melakukannya akan sangat bergantung pada pengalaman, industri, dan anggaran Anda. Jika rencana pemasaran Anda memiliki anggaran satu juta dolar, Anda dapat menjangkau pasar sasaran Anda dengan bauran promosi yang mencakup iklan TV atau Facebook.
Apa itu Strategi Komunikasi Pemasaran?
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, strategi komunikasi pemasaran mendefinisikan seluruh rentang aktivitas yang akan Anda lakukan untuk memasarkan produk Anda. Ini mencakup semuanya, mulai dari pemasaran berbayar hingga hubungan media (PR).
Setiap strategi komunikasi pemasaran terintegrasi (IMC) harus memiliki tiga prinsip panduan:
- Penyelarasan merek: Saluran pemasaran apa pun yang Anda pilih harus memiliki persepsi merek yang sama seperti milik Anda. Misalnya, jika Anda menjual jam tangan mewah, bangun hubungan dengan jurnalis dari majalah TIME, bukan dengan yang menulis di koran lokal Anda (kecuali Anda tinggal di Hamptons!).
- Penyelarasan pelanggan: Ikuti aturan tertua dalam pemasaran – ‘berada di tempat pelanggan Anda berada’. Pilih saluran tempat konsumen Anda sudah aktif. Jika Anda menargetkan generasi muda, beriklanlah di platform media sosial seperti Instagram, bukan Facebook, dan tentunya bukan TV siang hari!
- Penyelarasan anggaran: Pilih saluran pemasaran yang sesuai dengan anggaran Anda (jelas). Jika Anda tidak memiliki anggaran, mendapatkan iklan cetak di WSJ akan berada di luar jangkauan Anda. Tetapi mungkin Anda bisa mendapatkan penyebutan pers gratis di situs WSJ dengan menghubungi para jurnalis (seperti yang akan saya tunjukkan di bawah)