Sepuluh peran iklan dalam promosi produk adalah sebagai berikut:
1. Kesadaran
Salah satu peran penting periklanan adalah menciptakan kesadaran akan produk atau layanan seperti nama merek dan harga. Kesadaran akan produk atau layanan dapat dibuat dengan menonjolkan fitur unik merek. Saat ini, karena persaingan yang ketat tidak hanya cukup untuk menciptakan awareness, tetapi perlu top of mind awareness.
2. Informasi
Periklanan membantu menginformasikan audiens target tentang produk. Pemberian informasi sangat erat kaitannya dengan menciptakan kesadaran akan produk. Calon pelanggan harus mengetahui tentang suatu produk, seperti fitur dan kegunaan produk.
Informasi produk sangat dibutuhkan, terutama pada saat produk diperkenalkan di pasaran, atau pada saat dilakukan modifikasi produk. Informasi produk yang tepat dapat membantu konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.
3. Persuasi
Ketika perusahaan bisnis menawarkan produk serupa, perusahaan tidak hanya harus menginformasikan kepada pelanggan tentang ketersediaan produk, tetapi juga membujuk mereka untuk membelinya. Melalui pesan persuasif, para pemasar mencoba memberikan alasan mengenai keunggulan produknya dibandingkan produk lain yang tersedia di pasar. Persuasi dapat dilakukan melalui pesan iklan kreatif, demonstrasi produk di pameran dagang, penawaran hadiah gratis, penawaran premium, dan pengorganisasian kontes.
4. Sikap
Promosi diperlukan untuk membangun atau memperkuat sikap di benak khalayak sasaran. Pemasar mengharapkan audiens target untuk mengembangkan sikap yang menguntungkan terhadap merek mereka. Sikap positif terhadap merek membantu meningkatkan penjualannya. Melalui teknik promosi seperti periklanan, pemasar dapat memperbaiki sikap negatif terhadap produk, jika ada. Sikap negatif juga bisa diperbaiki melalui hubungan masyarakat dan periklanan
5. Pengingat
Jika target pelanggan sudah memiliki sikap positif terhadap produk atau layanan perusahaan, maka tujuan pengingat mungkin diperlukan. Tujuan reminder diperlukan karena pelanggan yang puas dapat menjadi target daya tarik pesaing. Merek yang sudah mapan perlu mengingatkan pelanggan tentang kehadiran mereka di pasar. Misalnya, kampanye ‘Raymond – the complete man’ dirancang untuk mengingatkan pelanggan.
6. Loyalitas Merek
Periklanan membantu mengembangkan loyalitas merek. Loyalitas merek menghasilkan pembelian berulang dan rekomendasi yang menguntungkan bagi orang lain oleh pelanggan yang sudah ada. Promosi penjualan, penjualan pribadi yang efektif, pemasaran langsung yang tepat waktu dan efisien, dan teknik lain membantu mengembangkan loyalitas merek.
7. Citra Merek
Pengiklan membantu mengembangkan citra merek yang baik di benak audiens target. Ada beberapa faktor yang dapat membantu audiens. Ada beberapa faktor, seperti karakter kepribadian yang mendukung merek, isi pesan iklan, sifat dan jenis kemasan serta jenis program atau acara yang disponsori, yang dapat membantu mengembangkan citra merek di benak masyarakat. audiens target.
8. Kontra Klaim Pesaing
Pemasar dapat melawan klaim yang dibuat oleh pesaing utama. Misalnya, periklanan persaingan dilakukan untuk melawan klaim yang dibuat oleh pesaing baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan bantuan iklan kreatif, pemasar dapat mengklaim keunggulan merek mereka. Pemasar juga dapat melakukan promosi penjualan yang agresif untuk melawan persaingan di pasar.
9. Perluasan Pasar
Iklan yang sukses menghasilkan perluasan pasar. Seorang pemasar dapat bermaksud untuk memperluas pasar dari tingkat lokal ke tingkat regional, dari tingkat daerah ke tingkat nasional, dan dari tingkat nasional ke tingkat internasional. Untuk tujuan ini, pemasar dapat melakukan berbagai teknik promosi.
10. Mendidik Pelanggan.
Promosi dapat dilakukan untuk mendidik pelanggan. Misalnya, beberapa periklanan dilakukan untuk mendidik khalayak tentang penggunaan produk, penanganan operasi, dan sebagainya. Kampanye penyadaran publik juga mengedukasi masyarakat tentang dampak negatif dari kebisingan, polusi udara dan kotoran, kejahatan sosial, dan sebagainya.
sumber : https://www.yourarticlelibrary.com/advertising/top-10-role-of-advertising-in-promotion-of-a-product/32306