Mahasiswa, ingin membuat orang tua Anda takut? Beri tahu mereka bahwa Anda sedang berpikir untuk berkarier di media. Dibanjiri dengan cerita tentang kemerosotan industri surat kabar dan majalah, kebanyakan orang tua mungkin lebih suka anak-anak mereka memilih pekerjaan lain apa pun.1 Namun tidak semua pekerjaan media memerlukan press pass. Menurut Buku Pegangan Pandangan Kerja Biro Statistik Tenaga Kerja, pekerjaan media yang muncul (atau masih relevan!) Ini menawarkan pandangan pekerjaan yang layak dan upah yang layak.
10 Pekerjaan Teratas di Industri Media
1. Penerjemah / Penerjemah
Pendidikan formal kurang penting daripada keterampilan bahasa untuk pekerjaan ini; juru bahasa dan penerjemah harus memiliki kemahiran tingkat asli dalam kedua bahasa, bahasa teks atau ucapan asli, dan bahasa produk jadi. Penerjemah, yang bekerja dengan kata-kata tertulis, juga harus memiliki pengetahuan tata bahasa dan gaya tingkat ahli dalam kedua bahasa.
2. Editor Film / Video
Ledakan konten video online dan seluler telah menyebabkan peningkatan permintaan untuk editor film dan video, yang mengambil rekaman mentah dan mengubahnya menjadi produk jadi. Editor harus mahir menggunakan program perangkat lunak penyuntingan film dan umumnya memiliki gelar yang berkaitan dengan film atau penyiaran.
3. Penulis Teknis
Penulis teknis membuat segalanya mulai dari manual instruksi hingga artikel hingga dokumentasi, dan cenderung bekerja di industri terkait STEM. Untuk melakukan pekerjaan ini, Anda memerlukan gelar sarjana dan pengalaman dengan subjek teknis, serta kemampuan untuk menjelaskan konsep kompleks kepada berbagai audiens yang berbeda dan mencapai tenggat waktu.
4. Produser Video
Jika Anda menghabiskan waktu online, Anda mungkin memperhatikan bahwa video mengambil alih situs favorit Anda. Seseorang harus membuat momen video yang menarik dan menginspirasi meme, dan orang tersebut adalah produser video. Saat ledakan video internet berlanjut, perkirakan untuk melihat lebih banyak pekerjaan ini di cakrawala.
5. Spesialis Hubungan Masyarakat
Jika Anda memiliki keterampilan komunikasi yang luar biasa dan merasa nyaman membicarakan keunggulan merek atau produk favorit Anda, karier di PR mungkin cocok untuk Anda.
Spesialis PR biasanya bekerja untuk biro iklan, firma hubungan masyarakat, atau perusahaan besar dengan tim PR internal. Mereka merancang dan melaksanakan strategi media agar produk dan layanan perusahaan mereka selalu menjadi berita — dengan cara yang baik.
6. Blogger
Perusahaan sering mempekerjakan blogger sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka; blog yang menarik memberikan wajah publik yang ramah bagi perusahaan, sekaligus berpotensi membantu peringkat organisasi di Google dan mesin telusur lainnya. Penulis yang terutama bekerja di blog harus dapat menghasilkan salinan yang menarik perhatian yang mematuhi pedoman suara dan gaya organisasi, sambil tetap memperhatikan prinsip media sosial dan SEO.
7. Insinyur Suara
Insinyur suara bekerja di berbagai lingkungan yang berbeda, mulai dari studio rekaman hingga stadion hingga teater, merekam file suara. Mereka juga sering memelihara alat perekam. Insinyur suara memiliki jadwal yang bervariasi, tergantung pada kebutuhan klien mereka.
8. Direktur Seni
Art director merancang konsep visual untuk promosi dan produk. Mereka dapat bekerja di media cetak, online, televisi, dan media lainnya. Tergantung pada industrinya, art director mungkin pernah bekerja sebagai desainer grafis, fotografer, atau ilustrator. Untuk berhasil dalam pekerjaan ini, Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik dan mengelola tim seniman, serta memiliki keahlian dalam perangkat lunak desain yang relevan.
9. Pakar Strategi Konten
Prospek pekerjaan editor mungkin sangat buruk – profesinya diperkirakan akan menurun sebesar 3% selama beberapa tahun ke depan, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja — tetapi itu tidak berarti bahwa keterampilan tersebut tidak lagi dibutuhkan.
Editor yang paham teknologi yang tidak keberatan mempelajari cara menggunakan Google Analytics dan dasar-dasar SEO dapat beralih dari peran manajemen editorial ke pekerjaan yang relatif baru ini, dan mendapatkan penghasilan yang baik dengan melakukannya.
10. Spesialis Media Sosial
Jika Anda sudah menghabiskan sebagian besar waktu Anda di Twitter, Instagram, TikTok, dll., Kabar baiknya adalah tidak perlu membuang-buang waktu. Jika Anda bersedia merangkul sisi pemasaran strategis sosial, Anda mungkin bisa mengubah minat Anda menjadi karier. Maklum saja: selain gelar sarjana dan banyak pengetahuan media sosial, pekerjaan ini membutuhkan kebijaksanaan dan kebijaksanaan. Internet tidak pernah melupakan.
Itulah 10 pekerjaan terbaik di media industri, semoga bermanfaat
Sumber : https://www.thebalancecareers.com/top-10-best-media-jobs-4098830